17-an merupakan
kegiatan yang biasa di gelar oleh SMAN 67 setiap tahun, tempat Rama dan
teman-temannya sekolah. 17-an akan digelar lomba-lomba mengenai segala macam
kegiatan yang berhubungan dengan perjuangan dan kreasi. Maka dari itu
kebanyakan siswa tertarik dengan acara ini. Ada juga yang mendirikan stand
didepan kelas dan dipinggir lapangan yang dapat menunjukan bakat berwirausaha,
diantaranya stand yang menjual makanan dan minuman, stand yang menjual
buku-buku atau pun hasil karya mereka.
“AAAAAAAAAAAAAAAARRGGH!!!!!!”
teriakan Cindy yang kakinya kepentok pintu kelas.
“Iiiiiiih…” keluh
Lina dengan ekspresi muka kesal
“eebuseh, suara lu
udeh kayak kaleng rombeng” protes Ardan.
“tau nih, ayak dulu
apa biar indah tuh suaranya, merusak pendengaran tau” timpal Dodo.
“elo semua ngeledek
ya!!” bentak Cindy.
“kita bukannya
ngeledek, tapi intropeksi dikit dong suara lo kayak apa..” bantahan Lina.
Perdebatan mereka hanya
sebentar, karena OSIS dan wali kelas masuk. Semuanya langsung duduk dibangku
masing-masing. Ketua OSIS berbicara didepan kelas.
“Assalamu’alaikum
Wr.Wb. Sabtu depan tepatnya tanggal 17 Agustus 2013 adalah hari kemerdekaan
Dirgahayu 68. Nah, sekolah kita mengadakan acara 17-an setelah upacara bendera
di sekolah. Kira-kira disini ada yang
mau ikut lomba?”.
“lomba yang diadain
apa aja?” Tanya Rama.
“trus ditentuin gak
batasnya, berapa perwakilan yang bisa ikut?” Tanya Rara.
“lomba yang diadakan
diantaranya adalah lomba nyanyi, solo maupun band, lomba tari tradisional, lomba
fashion show, lomba puisi. perwakilan tiap kelas maksimal 6 orang” jawab OSIS.
“kalo lomba fashion
show itu pakaiannya bebas?” Tanya Lina.
“untuk fashion show itu
temanya perjuangan/kemerdekaan. Pakaian dan property yang dipakai bertemakan
perjuangan/kemerdekaan, jadi harus sekreatif mungkin” jawab OSIS.
“gimana? ada yang
mau mengikuti lomba?” Tanya OSIS.
“Ra, lo nyanyi aja,
kan suara lo bagus, gak sember kayak si rombeng” ujar Lina.
“hehehe… kenapa
harus gue?” jawabnya Rara dengan heran.
“yaelah mending gue
yang nyanyi, gue PD gak kayak lo yang sok malu-malu” sambung Cindy.
“dihhh, lo PD tapi
suara lo? haduh bahaya banget bagi perdengaran” bantah Dodo.
“hehhh, lo urus aja
tuh badan lo yang kayak gajah hahaha”
Ketika Cindy tertawa,
mereka serentak menutup hidung… Cindy pun langsung jutek dan terdiam.
“kalo gue sih lomba
makan kerupuk aja, yakin banget gue menang” saut Dodo.
“oke tenang,
berdasarkan pantauan saya, yang akan ikut lomba adalah Rara bernyanyi
berkolaborasi dengan Rama yang bermain suling karena alunannya memang sangat
merdu, Dodo lomba makan kerupuk” keputusan Bu Okta.
“Dan, lo ikut lomba
fashion show yuk sama gue..” ajak Lina.
“hmm iye dah Lin,
gue mah oke oke aje yekan haha” jawab Ardan.
“apakah ada lagi yang
ingin ikut lomba?” Tanya OSIS.
“saya sama Ardan
dong, lomba fashion show” jawab Lina.
”oke sekian dan
terima kasih, Assalamu’alaikum Wr.
Wb.
“wa’alaikumsalam”
serentak anak-anak dikelas.
“baiklah, kalian
harus tetap kompak dan saling kerja sama ya, bagi yang ikut lomba, kalian harus
berlatih terus ya supaya dapat hasil yang maksimal” ujar Bu Okta.
“itu udah pasti dong
bu” jawab Dodo.
“kita harus keep
solid ya guys” samber Ardan.
“teman-teman,
semangat pagi!!” sambung Rama.
“SEMANGAT!!!” serentak
anak-anak dikelas.
Disetiap jam
istirahat dan pulang sekolah, Rama, Ardan, Rara, dan Lina latihan. Dengan
dibantu oleh siswa yang lainnya.
“ayoo kita mulai
latihannya” sautan Ardan.
“SIAAAAP!!”
serentak.
Mereka latihan,
setelah pulang mereka pun menyiapkan pakaian yang akan di pakai di hari
kemeredekaan.
“lo ade baju
perjuangan yang kayak jaman dulu ntu kagak?” Tanya Ardan.
“gak ada gue Dan,
gue pake dress batik aja, kan gue cinta banget sama batik” jawab Lina.
“yah lo enak doyan
batik, trus lo juga ada batik, lah pan gue kagak ade, dimane yeh gue nyari
begituan?” ujar Ardan.
“kalem bro, nyewa
aja di toko-toko gitu Dan” samber Rama.
“kalo gak nanti gue
bantuin cari deh Dan, ya semoga aja ada” sambung Dodo.
“okelah, ngarep
banget gue sebelum H-1 udeh nemu tuh baju” jawab Ardan.
Hari-hari pun
semakin mendekati hari kemerdekaan… Mereka sedang berkumpul di depan kelas.
“Dann, lo lagi nyari
baju perjuangan yah? dideket rumah gue ada yang nyewain tuh, lo mau gak?” Niki
menawarkan kepada Ardan.
“yang bener Nik? gue
mau deh..” jawab Ardan dengan gembira.
“iya bener, nanti lo
ke sanggar deket rumah gue aja, disitu sewanya, kemarin gue tanya” ujar Niki.
“sip sip.. thanks
banget yeh” jawab Ardan.
“sekarang udah H-1,
besok udah hari H. Apa kalian sudah siap semua?” Tanya Bu Okta.
“SIAAP! Bu Okta..”
Rama, Ardan, Rara, Lina, Dodo serempak menjawab.
Akhirnya… sudah hari
Hari Kemerdekaan
Upacara Bendera di SMAN
67 pun berlangsung dengan tertib.
Upacara pun selesai
tepatnya pukul 08.00 WIB. Panitia mulai merapikan lapangan. Kami pun
bersiap-siap. Acara 17-an pun dimulai pukul 08.30 WIB. #jengjenggggg
Rama, Ardan, Rara,
Lina, Dodo, Niki, Erni, Aris, Cindy dan anak-anak yang lain sedang berkumpul
didepan kelas XI-2, kelas mereka. Dan 2 orang panitia menghampiri, untuk
memberikan informasi kapan waktu lomba akan dimulai.
“hey, Dodo sebentar
lagi lomba kerupuk dimulai, siap-siap ya, Rama sama Rara nanti lomba nyanyi
kira-kira mulai pukul 10.00 WIB. buat Ardan sama Lina lomba fashion show mulai
pukul 13.00 WIB. setelah ISHOMA. oke” pemberitahuan dari panitia.
“okidoki…” jawab
Lina.
“iyaa siaaaap” Rama,
Ardan, Rara menjawab serentak.
“asiiiiikk makan
makan makan” saut Dodo.
“makan mulu yang ada
dipikiran lo, dasar Dodo embul haha” timpal Niki
Semuanya serentak
tertawa terbahak-bahak….
“mending lo
siap-siap dah, biar kagak grogi kalo makan krupuknye” saut Ardan.
“yoi.. udah siap
banget nih gue” jawab Dodo sambil mengelus perutnya.
Lomba makan kerupuk
pun dimulai, Dodo adalah peserta yang paling lahap memakan kerupuk. Teman-teman
dari mereka saling bersorak soray mendukung jagoan dikelasnya. Setelah itu
dimulailah lomba puisi. Setelah lomba puisi selesai tepatnya pukul 10.00 WIB.
lomba musik dan nyanyi berlangsung.
“peserta nomor urut
6, Rama dan Rara dari kelas XI-2 silahkan…” saut MC.
Rara pun bernyanyi,
suara merdunya membuat orang-orang yang mendengarkan terpana dengan di iringin
suara suling yang Rama mainkan. Keindahan alunannya semakin enak didengar.
“ya ampun, sobat gue
Rama sama Rara bikin kita semua terpesona” seru Lina yang sedang
terkagum-kagum.
Lomba nyanyi selesai,
waktunya ISHOMA dan mulai kembali pukul 13.00 WIB.
Lomba fashion show
dimulai…
“urutan nomor 1
Ardan dari kelas XI-2 memakai seragam perjuangan” saut MC.
“urutan nomor 2 Lina
dari kelas XI-2 memakai dress batik” saut MC.
Setelah itu
dilanjutkan oleh kelas-kelas lain. Dan diakhiri dengan lomba tari tradisional.
MC
pun menutup acara.
Penulis: Meilina Rahman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar