Minggu, 01 Desember 2013

WARNA - WARNI KEMERDEKAAN


17-an merupakan kegiatan yang biasa di gelar oleh SMAN 67 setiap tahun, tempat Rama dan teman-temannya sekolah. 17-an akan digelar lomba-lomba mengenai segala macam kegiatan yang berhubungan dengan perjuangan dan kreasi. Maka dari itu kebanyakan siswa tertarik dengan acara ini. Ada juga yang mendirikan stand didepan kelas dan dipinggir lapangan yang dapat menunjukan bakat berwirausaha, diantaranya stand yang menjual makanan dan minuman, stand yang menjual buku-buku atau pun hasil karya mereka.

“AAAAAAAAAAAAAAAARRGGH!!!!!!” teriakan Cindy yang kakinya kepentok pintu kelas.

“Iiiiiiih…” keluh Lina dengan ekspresi muka kesal

“eebuseh, suara lu udeh kayak kaleng rombeng” protes Ardan.

“tau nih, ayak dulu apa biar indah tuh suaranya, merusak pendengaran tau” timpal Dodo.

“elo semua ngeledek ya!!” bentak Cindy.

“kita bukannya ngeledek, tapi intropeksi dikit dong suara lo kayak apa..” bantahan Lina.

Perdebatan mereka hanya sebentar, karena OSIS dan wali kelas masuk. Semuanya langsung duduk dibangku masing-masing. Ketua OSIS berbicara didepan kelas.

“Assalamu’alaikum Wr.Wb. Sabtu depan tepatnya tanggal 17 Agustus 2013 adalah hari kemerdekaan Dirgahayu 68. Nah, sekolah kita mengadakan acara 17-an setelah upacara bendera di sekolah.  Kira-kira disini ada yang mau ikut lomba?”.

“lomba yang diadain apa aja?” Tanya Rama.

“trus ditentuin gak batasnya, berapa perwakilan yang bisa ikut?” Tanya Rara.

“lomba yang diadakan diantaranya adalah lomba nyanyi, solo maupun band, lomba tari tradisional, lomba fashion show, lomba puisi. perwakilan tiap kelas maksimal 6 orang” jawab OSIS.

“kalo lomba fashion show itu pakaiannya bebas?” Tanya Lina.

“untuk fashion show itu temanya perjuangan/kemerdekaan. Pakaian dan property yang dipakai bertemakan perjuangan/kemerdekaan, jadi harus sekreatif mungkin” jawab OSIS.

“gimana? ada yang mau mengikuti lomba?” Tanya OSIS.

“Ra, lo nyanyi aja, kan suara lo bagus, gak sember kayak si rombeng” ujar Lina.

“hehehe… kenapa harus gue?” jawabnya Rara dengan heran.

“yaelah mending gue yang nyanyi, gue PD gak kayak lo yang sok malu-malu” sambung Cindy.

“dihhh, lo PD tapi suara lo? haduh bahaya banget bagi perdengaran” bantah Dodo.

“hehhh, lo urus aja tuh badan lo yang kayak gajah hahaha”

Ketika Cindy tertawa, mereka serentak menutup hidung… Cindy pun langsung jutek dan terdiam.

“kalo gue sih lomba makan kerupuk aja, yakin banget gue menang” saut Dodo.

“oke tenang, berdasarkan pantauan saya, yang akan ikut lomba adalah Rara bernyanyi berkolaborasi dengan Rama yang bermain suling karena alunannya memang sangat merdu, Dodo lomba makan kerupuk” keputusan Bu Okta.

“Dan, lo ikut lomba fashion show yuk sama gue..” ajak Lina.

“hmm iye dah Lin, gue mah oke oke aje yekan haha” jawab Ardan.

“apakah ada lagi yang ingin ikut lomba?” Tanya OSIS.

“saya sama Ardan dong, lomba fashion show” jawab Lina.

”oke sekian dan terima kasih, Assalamu’alaikum      Wr. Wb.

“wa’alaikumsalam” serentak anak-anak dikelas.

“baiklah, kalian harus tetap kompak dan saling kerja sama ya, bagi yang ikut lomba, kalian harus berlatih terus ya supaya dapat hasil yang maksimal” ujar Bu Okta.

“itu udah pasti dong bu” jawab Dodo.

“kita harus keep solid ya guys” samber Ardan.

“teman-teman, semangat pagi!!” sambung Rama.

“SEMANGAT!!!” serentak anak-anak dikelas.

Disetiap jam istirahat dan pulang sekolah, Rama, Ardan, Rara, dan Lina latihan. Dengan dibantu oleh siswa yang lainnya.

“ayoo kita mulai latihannya” sautan Ardan.

“SIAAAAP!!” serentak.

Mereka latihan, setelah pulang mereka pun menyiapkan pakaian yang akan di pakai di hari kemeredekaan.
“lo ade baju perjuangan yang kayak jaman dulu ntu kagak?” Tanya Ardan.

“gak ada gue Dan, gue pake dress batik aja, kan gue cinta banget sama batik” jawab Lina.

“yah lo enak doyan batik, trus lo juga ada batik, lah pan gue kagak ade, dimane yeh gue nyari begituan?” ujar Ardan.

“kalem bro, nyewa aja di toko-toko gitu Dan” samber Rama.

“kalo gak nanti gue bantuin cari deh Dan, ya semoga aja ada” sambung Dodo.

“okelah, ngarep banget gue sebelum H-1 udeh nemu tuh baju” jawab Ardan.

Hari-hari pun semakin mendekati hari kemerdekaan… Mereka sedang berkumpul di depan kelas.

“Dann, lo lagi nyari baju perjuangan yah? dideket rumah gue ada yang nyewain tuh, lo mau gak?” Niki menawarkan kepada Ardan.

“yang bener Nik? gue mau deh..” jawab Ardan dengan gembira.

“iya bener, nanti lo ke sanggar deket rumah gue aja, disitu sewanya, kemarin gue tanya” ujar Niki.

“sip sip.. thanks banget yeh” jawab Ardan.

“sekarang udah H-1, besok udah hari H. Apa kalian sudah siap semua?” Tanya Bu Okta.

“SIAAP! Bu Okta..” Rama, Ardan, Rara, Lina, Dodo serempak menjawab.

Akhirnya… sudah hari Hari Kemerdekaan
Upacara Bendera di SMAN 67 pun berlangsung dengan tertib.
Upacara pun selesai tepatnya pukul 08.00 WIB. Panitia mulai merapikan lapangan. Kami pun bersiap-siap. Acara 17-an pun dimulai pukul 08.30 WIB. #jengjenggggg

Rama, Ardan, Rara, Lina, Dodo, Niki, Erni, Aris, Cindy dan anak-anak yang lain sedang berkumpul didepan kelas XI-2, kelas mereka. Dan 2 orang panitia menghampiri, untuk memberikan informasi kapan waktu lomba akan dimulai.

“hey, Dodo sebentar lagi lomba kerupuk dimulai, siap-siap ya, Rama sama Rara nanti lomba nyanyi kira-kira mulai pukul 10.00 WIB. buat Ardan sama Lina lomba fashion show mulai pukul 13.00 WIB. setelah ISHOMA. oke” pemberitahuan dari panitia.

“okidoki…” jawab Lina.

“iyaa siaaaap” Rama, Ardan, Rara menjawab serentak.

“asiiiiikk makan makan makan” saut Dodo.

“makan mulu yang ada dipikiran lo, dasar Dodo embul haha” timpal Niki

Semuanya serentak tertawa terbahak-bahak….

“mending lo siap-siap dah, biar kagak grogi kalo makan krupuknye” saut Ardan.

“yoi.. udah siap banget nih gue” jawab Dodo sambil mengelus perutnya.

Lomba makan kerupuk pun dimulai, Dodo adalah peserta yang paling lahap memakan kerupuk. Teman-teman dari mereka saling bersorak soray mendukung jagoan dikelasnya. Setelah itu dimulailah lomba puisi. Setelah lomba puisi selesai tepatnya pukul 10.00 WIB. lomba musik dan nyanyi berlangsung.

“peserta nomor urut 6, Rama dan Rara dari kelas XI-2 silahkan…” saut MC.

Rara pun bernyanyi, suara merdunya membuat orang-orang yang mendengarkan terpana dengan di iringin suara suling yang Rama mainkan. Keindahan alunannya semakin enak didengar.

“ya ampun, sobat gue Rama sama Rara bikin kita semua terpesona” seru Lina yang sedang terkagum-kagum.

Lomba nyanyi selesai, waktunya ISHOMA dan mulai kembali pukul 13.00 WIB.
Lomba fashion show dimulai…

“urutan nomor 1 Ardan dari kelas XI-2 memakai seragam perjuangan” saut MC.

“urutan nomor 2 Lina dari kelas XI-2 memakai dress batik” saut MC.

Setelah itu dilanjutkan oleh kelas-kelas lain. Dan diakhiri dengan lomba tari tradisional.
MC pun menutup acara.





Penulis: Meilina Rahman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar